Header AD

Puluhan Hektar Lahan Pertanian di Sukabumi Terancam Gagal Panen Akibat Kekeringan

TatarSukabumi.ID - Musim kemarau yang terjadi di wilayah Kecamatan Kabandungan, Sukabumi, menyebabkan beberapa hektar lahan pertanian warga terancam dilanda gagal panen akibat kekeringan.

"untuk jumlah luasan lahan pertanian khususnya sawah masih dalam proses pendataan, besok akan ada rapat koordinasi dengan PPL  Desa," ujar Petugas Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Kabandungan Into Suwandi, kepada TatarSukabumi.ID, Minggu (22/7/2018).

BACA JUGA : Akibat Kemarau, Debit Air Pasokan PLTA Ubrug Menurun

Hasil pantauan TatarSukabumi.ID, di wilayah Kabandungan saat ini memasuki bulan ke-2 musim kemarau, kekeringan diperkirakan melanda puluhan hektar lahan pertanian kekurangan air.

Hal ini disebabkan menurunnya debit air yang mengaliri jaringan irigasi, kondisi ini dikeluhkan petani Kabandungan yang tidak berani menanam palawija maupun holtikultura lain.

BACA JUGA : Gegara Bakar Sampah, Bangunan Samping BRI Cibadak Nyaris Terbakar

Agus, salah seorang warga Kampung Babakan, Desa Cipeuteuy mengeluhkan musim kemarau yang membuat sawahnya mengalami kekeringa,"Dari luasan lahan lima ribu meter hanya setengahnya yang teraliri air saat ini," ujar Agus.

Agus mulai khawatir jika kemarau berkepanjangan dikhawatirkan akan akibatkan kegagalan panen padi disawahnya.

Hal sama dirasakan Budi, petani sayuran asal Desa Cihamerang, dirinya tidak berani menanam kali ini, "sekarang belum berani tanam, musim kemarau saya maanfatkan untuk mempersiapkan alat dan bahan pertanian, kalau sudah hujan semua sudah siap," jelasnya.(*)

Kontributor : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Puluhan Hektar Lahan Pertanian di Sukabumi Terancam Gagal Panen Akibat Kekeringan Puluhan Hektar Lahan Pertanian di Sukabumi Terancam Gagal Panen Akibat Kekeringan Reviewed by Tatar Sukabumi on Minggu, Juli 22, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads