Header AD

Pencairan Dana Desa Tahap II di Sukabumi Baru 40 Persen, Ternyata Ini Masalahnya

TatarSukabumi.ID - Pencairan Dana Desa (DD) Tahap II tahun 2018 di Kabupaten Sukabumi, hingga pertengahan bulan Juli 2018 masih cukup minim.

Data yang diterima TatarSukabumi.ID, Dana Desa tahap II tahun 2018 baru diterima hanya dikisaran 40% dari total 381 Desa se-Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Kisah Sedih Pasca Evakuasi Buaya Muara Bernama Dewi di Palabuhanratu

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Ade Setiawan, kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan, "Karena memang proses yang sekarang proses yang baru, biasa 2 tahap sekarang menjadi 3 tahap. Saya harap semuanya menyesuaikan diri, baca kembali mekanismenya serta secepatnya dana itu diserap," ujar Ade saat ditemui usai Rapat Dinas bulanan, di Aula Setda Sukabumi, Senin [16/7/2018 ].

Kepala DPMD menambahkan, terkait bantuan keuangan Provinsi (Banprov) Jawa Barat  tahun 2018 memang belum bisa sepenuhnya menuntaskan permasalahan infrastruktur di 381 Desa se-kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Kota Sukabumi Berhasil Ditekan Hingga 40 Persen

Hal ini mengingat wilayah Kabupaten Sukabumi yang begitu luas, sementara sasaran Banprov hanya 1 kegiatan sesuai dengan usulan pada hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang tertuang dalam RKPDesa dan APBDesa Tahun 2018.

Menurut Kadis DPMD, Banprov tahun 2018 indikatornya jelas, "Selain harus ada gambar serta RAB juga harus ada pengesahan dari Instansi yang berwenang dan atau PU Wilayah yang membidangi infrastruktur sebagai standar kualitas hasil pekerjaan," jelasnya.

Sempat disinggung terkait permohonan kenaikan Siltap (penghasilan tetap/gaji) yang sempat dituntut Aparatur Pemerintah Desa, Kadis DPMD menjelaskan, "Untuk Siltap masih tetap mengacu kepada (sistem) yang lama, kita belum ada informasi lebih lanjut, tapi secara detailnya saya tidak begitu tahu, rencananya siltap tahun depan. DPKAD yang mengatur tentang itu, apakah akan berubah nominalnya," beber Ade Setiawan.

Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Pencairan Dana Desa Tahap II di Sukabumi Baru 40 Persen, Ternyata Ini Masalahnya Pencairan Dana Desa Tahap II di Sukabumi Baru 40 Persen, Ternyata Ini Masalahnya Reviewed by Tatar Sukabumi on Selasa, Juli 17, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads