Header AD

Parameter Pelaksanaan Program Percepatan Pembangunan Desa di Kabupaten Sukabumi Mencapai 99,8 Persen

TatarSukabumi.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi menggelar bimbingan teknis (bimtek) Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa serta Peningkatan Kapasitas Lembaga Desa yang dihadiri 9 Desa se-Kecamatan Caringin, Rabu [18/7/2018].

Kepala Bidang Keuangan dan Asset Desa DPMD, Ahmad Mujadid menjelaskan, "Baru kali ini caringin melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas salah satunya supaya terjadinya perubahan mindset dimana dahulunya agak ketinggalan, sekarang dalam inovasi pembangunan perdesaan harus lebih diatas dari kecamatan lainnya guna terjadinya pembangunan yang berkelanjutan," ujar Ahmad Mujadid yang kerap disebut Adid saat ditemui usai memberikan materi, Rabu [18/7/2018].

BACA JUGA : Pencairan Dana Desa Tahap II di Sukabumi Baru 40 Persen, Ternyata Ini Masalahnya

Menurut Adid, beberapa kendala Pemerintahan Desa diantaranya terdapatnya perbedaan kemampuan setiap desa dalam pengelolaan sistem keuangan Desa, "Ada yang sudah tahu, sebagian belum tahu. staf desa berhenti  jadi terjadi lagi regenerasi," tutur Adid.

3 materi yang ditekankan oleh DPMD, yakni, Arah kebijakan pengelolaan keuangan Desa, Perencanaan penganggaran keuangan Desa dan Penata usahaan termasuk pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan Desa.

"Semua Itu menjadi satu rangkaian yang tidak dipisahkan antara kebijakan kebijakan demi terwujudnya manfaat pembangunan bagi warga masyarakat perdesaan, tegas Adid.

BACA JUGA : Pria di Sukabumi Tewas Diserang Babi Hutan

Adid menghimbau jelang RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Desa) Perubahan tahun anggaran 2018, diharapkan seluruh Desa bisa melaksanakan secara serentak pada bulan September mendatang.

Menurut Adid, parameter pelaksanaan program percepatan pembangunan desa dikabupaten Sukabumi telah mencapai 99,8 %, hal tersebut cukup dipertimbangkan oleh kabupaten lain yakni Kabupaten Cirebon dan Bogor.(*)

Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Parameter Pelaksanaan Program Percepatan Pembangunan Desa di Kabupaten Sukabumi Mencapai 99,8 Persen Parameter Pelaksanaan Program Percepatan Pembangunan Desa di Kabupaten Sukabumi Mencapai 99,8 Persen Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, Juli 18, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads