Header AD

Miris, Wanita Paruh Baya Hidup Sendiri Huni Gubuk di Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Pemerintah Pusat menggembar - gemborkan program kehidupan layak dan kesejahteraan Masyarakat dengan salah satu progam rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Namun miris, Fakta dilapangan, masih terdapat beberapa permasalahan dengan masyarakat yang menempati Rumah Tidak Layak Huni.

BACA JUGA : 2 Rumah di Sukaraja - Sukabumi  di Lalap Api

Salah satunya adalah Lilis (43) warga Kampung Cibojong RT 07 / RW 04 Desa Bojong Tipar, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi yang terpaksa rela mendiami sebuah Gubuk yang jauh dari kata layak huni.

Dari pantauan TatarSukabumi.ID, Lilis seorang janda dengan kesehariannya sebagai pencari kayu bakar saat ini mendiami Gubuk seadanya karena rumah yang sempat dihuninya rusak parah.

Demi menyambung hidup Lilis sehari hari hidup dari kerja seadanya, terkadang hanya bantu bantu atau mencari kayu bakar untuk dijual.

BACA JUGA : Terkuak, 7 Fakta Nining Korban Tenggelam di Palabuhanratu 1,5 Tahun Yang Ditemukan Dalam Keadaan Hidup

Harun Risfi (36) warga sekitar kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan, "Rumah Lilis sudah rusak parah, tidak dapat dihuni, karena ditakutkan roboh terkena hujan atau angin, sekarang bu lilis tinggal di gubuk," ujar Harun, Senin [9/7/2018].

Menurut warga, Lilis cukup minder dan tertutup, "Kalau ketemu orang banyak ia (Lilis) suka sedikit malu, karena kesehariannya suka menyendiri, tapi komunikasi biasa, waktu  belanja ke warung biasa seperti kita, tatkala punya utang ke warung apabila ada uang dibayarnya juga, pokoknya aktifitas seperti orang biasanya," tutur Harun.

"Namun sayang keadaannya belum tersentuh bantuan pemerintah seperti program Rutilahu dan sejenisnya, semoga saja kedepannya ada bantuan dari pemerintah setempat," pungkas Harun.(*)

Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Miris, Wanita Paruh Baya Hidup Sendiri Huni Gubuk di Sukabumi Miris, Wanita Paruh Baya Hidup Sendiri Huni Gubuk di Sukabumi Reviewed by Tatar Sukabumi on Senin, Juli 09, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads