Header AD

Kekeringan, Air Bersih Hingga Kebakaran, BPBD Sukabumi Siap Antisipasi

TatarSukabumi.ID - Untuk mengantisipasi dampak peralihan dari musim hujan ke musim kemarau sepanjang tahun 2018, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Salah satu upaya dalam mengantisipasi dampak musim kemarau, BPBD melakukan pemantauan secara rutin kondisi hidrometeorologi, yakni perkembangan cuaca, iklim dan perubahan iklim di Sukabumi secara intens.

BACA JUGA : Kecamatan Cicurug dan Cidahu Terancam Kekeringan, Pemda Sukabumi Gelar FGD

Kepala Unsur Pelaksana BPBD, Asep Suhendrawan menegaskan, saat ini BPBD tengah melakukan pemetaan wilayah rawan kekeringan, "Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, wilayah yang rawan terjadi kekeringan dan kesulitan air bersih melingkupi Bacile (Baros, Cibeureum dan Lembursitu)," ujar Asep Suhendrawan, Kamis [19/7/2018].

Setiap wilayah yang rentan mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih, nantinya akan diberi pasokan air bersih yang akan dilakukan oleh Dinas bersama instansi terkait, khususnya dengan PDAM TBW, "Dengan demikian perkembangan wilayah yang mengalami kekeringan dapat terpantau," ujar Asep Suhendrawan didampingi Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD, Akhmad Zulkarnain.

BACA JUGA : Pedagang dan Masyarakat Mengeluh, Harga Melonjak Tinggi Daging Ayam Tak Terbeli

Saat memasuki musim kemarau kendala kekeringan dan kekurangan air bersih menjadi permasalahan utama, Asep Menghimbau Masyarakat untuk menjaga serta memelihara seluruh sumber air yang ada serta melakukan penghematan air dan menggunakan air yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Hal lainnya, Asep Suhendrawan mengingatkan musim kemarau kerap diikuti dengan rawannya bencana kebakaran "Untuk itu, masyarakat agar senantiasa menjauhkan barang-barang yang mudah terbakar dari berbagai sumber api, seperti kompor dan tungku," tandasnya.(*)

Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Kekeringan, Air Bersih Hingga Kebakaran, BPBD Sukabumi Siap Antisipasi Kekeringan, Air Bersih Hingga Kebakaran, BPBD Sukabumi Siap Antisipasi Reviewed by Tatar Sukabumi on Kamis, Juli 19, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads