Header AD

Jelang Musim Kemarau Petani Gundah, Situ Sukamekar Sukaraja Perlu Pengerukan dan Pendalaman

TatarSukabumi.ID - Musim kemarau mulai berdampak dan dirasakan dibeberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.

Salah satunya mulai dirasakan beberapa Petani penggarap lahan pertanian di Desa Sukamekar Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Curug Panutup, Air Terjun Kawasan Geopark Ciletuh Yang Belum Terekspose

Para Petani mulai merasakan volume aliran sungai dan irigasi untuk mengairi areal Pesawahan dan Ladang mulai mengecil, hal ini dipicu akibat musim kemarau yang saat ini sedang terjadi, hal lainnya diduga akibat terjadinya pendangkalan air Situ (Danau) Sukamekar yang menjadi pusat dan sumber utama pasokan air yang mengalir ke areal Pertanian warga.

Dari penelusuran TatarSukabumi.ID, Situ Sukamekar dengan luas total mencapai 23.620 meter menjadi sumber utama air bagi setidaknya 20 hektar areal Pertanian masyarakat yang berada dibagian hilir Situ.

BACA JUGA : Maling Motor Siang Bolong Tertangkap, Nyaris Jadi Bulan Bulanan Warga

Seperti diungkap salah seorang Petani warga Sukamekar kepada TatarSukabumi.ID, menuturkan, "Aliran air Sungai mulai mengecil, bisa gagal panen jika air sampai surut," ujar Asep saat ditemui dikebunnya, Rabu [11/7/2018].

"Saya berharap ada solusi, mungkin salah satu caranya dengan melakukan pengerukan dan pendalaman Situ Sukamekar, karena Situ merupakan mata air pusat disini, semoga dengan jalan itu Situ bisa menampung stok air disaat benar benar musim kemarau," harapnya.(*)

Reporter : Dian Syahputra Pasi

Jelang Musim Kemarau Petani Gundah, Situ Sukamekar Sukaraja Perlu Pengerukan dan Pendalaman Jelang Musim Kemarau Petani Gundah, Situ Sukamekar Sukaraja Perlu Pengerukan dan Pendalaman Reviewed by Tatar Sukabumi on Selasa, Juli 10, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads