Header AD

Jadi Isu Nasional Daging dan Telur Ayam Mahal, Padahal Harga Jengkol Lebih Meroket

TatarSukabumi.ID - Harga Jengkol (Seupi/ Bahasa Sunda) mengalami kenaikan yang signifikan bahkan mengalahkan harga Daging dan Telor Ayam yang sempat ramai menjadi isu Nasional akibat kenaikannya.

Dibeberapa wilayah Sukabumi misalnya, harga Jengkol tembus hingga 70 ribu rupiah per kilogram atau naik 100 persen Unik, dari harga awal yang hanya berkisar 35 ribu rupiah.

BACA JUGA : Pedagang dan Masyarakat Mengeluh, Harga Melonjak Tinggi Daging Ayam Tak Terbeli

Sehingga dipastikan, harga Jengkol lebih tinggi dari harga Daging Ayam Potong yang menurut data Dinas Koperasi dan Perdagangan per tanggal 20 Juli harga dipasaran sebesar 44 ribu rupiah dan harga telur ayam seharga 30 ribu setiap Kilogram.

Menelisik lebih jauh tentang Jengkol yakni Tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara yang bernama latin Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum.

BACA JUGA : Akibat Kemarau, Debit Air Pasokan PLTA Ubrug Menurun

Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae), buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua, sementara Biji Buah berkulit ari tipis dengan warna Coklat mengilap.

Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada hasil pembuangan (urin) setelah diproses alat pencernaan manusia terutama bila dimakan segar sebagai lalapan.

BACA JUGA : Peringatan Dini Gelombang Tinggi Air Laut 22 Hingga 26 Juli 2018

Beberapa manfaat Jengkol yang ditengarai dapat mencegah penyakit  diabetes karena bersifat diuretik dan baik juga bagi kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, Tanaman Jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang sangat tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air disuatu tempat.(*)

Kontributor : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Jadi Isu Nasional Daging dan Telur Ayam Mahal, Padahal Harga Jengkol Lebih Meroket Jadi Isu Nasional Daging dan Telur Ayam Mahal, Padahal Harga Jengkol Lebih Meroket Reviewed by Tatar Sukabumi on Senin, Juli 23, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads