Header AD

Gegara Kemarau, Lebaran Idul Adha Harga Domba Mahal

TatarSukabumi.ID - Musim kemarau terjang Kecamatan Kabandungan, tidak hanya menyebabkan kekeringan pada lahan pertanian, kekeringan juga mengancam pelaku peternak Domba di Kabandungan, Sukabumi - Jawa Barat. 

Dari pantauan TatarSukabumi.ID, kondisi kemarau mulai dikhawatirkan Peternak Domba yang mulai kesulitan mencari pakan dedaunan dan rumput bagi hewan ternaknya.

BACA JUGA : Akibat Kemarau, Debit Air Pasokan PLTA Ubrug Menurun

Menurunnya debit aliran irigasi dan sungai membuat lahan perkebunan terdampak kekeringan, areal perbukitan nyaris menguning tanpa rumput hanya tersisa belukar dan ilalang.

Akibat tingkat kesulitan mendapat rumput pakan ternak, diprediksikan nilai jual Domba pada musim Lebaran Idul Adha mendatang akan mengalami kenaikan harga.

BACA JUGA : Puluhan Hektar Lahan Pertanian di Sukabumi Terancam Gagal Panen Akibat Kekeringan

Menurut Petugas Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Kabandungan Into Suwandi, kepada TatarSukabumi.ID, mengatakan, "Untuk jumlah luasan lahan pertanian khususnya sawah sampai saat ini belum ada laporan dari kelompok ataupun petani, masih dalam proses pendataan," tuturnya, Minggu (22/7/2018).

Sementara itu Enah, salah seorang warga Kampung Babakan, Desa Cipeuteuy mengatakan, "Musim kemarau saat ini sawah dan kebun mengalami kekeringan, sulit untuk cari pakan Domba, tapi Alhamdulillah untuk MCK (Mandi Cuci Kakus) masih cukup" keluh Enah.

Lanjutnya, "Mudah-mudahan hujan segera turun, kondisi seperti biasa kembali," harapnya.(*)

Kontributor : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Gegara Kemarau, Lebaran Idul Adha Harga Domba Mahal Gegara Kemarau, Lebaran Idul Adha Harga Domba Mahal Reviewed by Tatar Sukabumi on Minggu, Juli 22, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads