Header AD

Gara - Gara DOC, Harga Ayam dan Telur Meroket

TatarSukabumi.ID - Harga Daging Ayam Potong dan Telur Ayam di Sukabumi terus meroket nyaris dalam 2 pekan terakhir semakin tidak terkendali, harga melonjak hingga mencapai 40% dari harga sebelumnya.

Kenaikan tidak hanya berimbas kepada Konsumen, hal ini juga dikeluhkan para pedagang hingga mengakibatkan menurunnya omset penjualan.

"Harga melonjak tinggi,  Daging Ayam dan Telur tak terbeli," keluh Herman Yusabiran pedagang Ayam Bakar Lesehan Biru yang berjualan di Jalan Perniagaan Sukabumi.

BACA JUGA : Pencairan Dana Desa Tahap II di Sukabumi Baru 40 Persen, Ternyata Ini Masalahnya

Beberapa faktor yang diduga memicu lonjakan harga penjualan Daging ayam potong dan telur dipasaran dikarenakan harga Pakan, Vaksin hingga Vitamin Ayam mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Iwan Karmawan Kepala Dinas Peternakan kabupaten Sukabumi saat ditemui TatarSukabumi.ID mengungkapkan, "Berkenaan harga daging ayam dan telur melonjak naik juga disebabkan
akibat kurangnya penyaluran DOC (Day Old Chicken/ bibit / anak ayam). Kalau adapun harganya mahal, biasanya harga 5 ribu sekarang menjadi 7 ribu," ujar Iwan,  Rabu [18/7/2018].

BACA JUGA : Pedagang dan Masyarakat Mengeluh, Harga Melonjak Tinggi Daging Ayam Tak Terbeli

Beberapa upaya dilakukan Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi untuk menekan harga DOC, "Termasuk banyak ditemui kosongnya DOC. Kita menghimbau mereka (suplyer DOC) supaya jangan ada penumpukan/pengumpulan serta penjualan DOC keluar Kabupaten," terang Iwan.

Untuk menekan harga tidak terus meroket, kepada pelaku peternakan Iwan menghimbau, "Jangan terlalu dipasarkan keluar daerah lain tapi penuhi dulu kebutuhan di wilayah Kabupaten Sukabumi," tandasnya.

BACA JUGA : Harga Sayuran di Sukabumi Naik, Ternyata Ini Penyebabnya

Saat ini Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi terus berupaya meningkatkan program peternakan dengan menggenjot inovasi serta terobosan baru untuk meningkatkan hasil produksi peternakan di Kabupaten Sukabumi.

"Saat ini masih bertumpu pada pengembangan sapi potong ,sapi perah, Kambing Domba dan Ayam buras (ras)," pungkasnya.(*)

Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Gara - Gara DOC, Harga Ayam dan Telur Meroket Gara - Gara DOC, Harga Ayam dan Telur Meroket Reviewed by Tatar Sukabumi on Kamis, Juli 19, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads