Header AD

Dari 200 Rutilahu, Pemdes Cimahi Sukabumi Berhasil Bangun 80 Unit Rumah Layak Huni

TatarSukabumi.ID - Program Pemerintah salah satunya perbaikan atau pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu) terus gembor gemborkan oleh pemerintah Desa Cimahi Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala Desa Cimahi Aba Mudjtaba saat diikonfirmasi TatarSukabumi.ID perihal pemanfaatan Dana Desa (DD) untuk meningkatkan taraf kesejahteraan warga yang masih berada dibawah digaris kemiskinan menjelaskan, "Alhamdulillah pada tahun ini program Rutilahu sudah diusulkan sebanyak 50 unit rumah kepemerintah pusat. Adapun sudah diwujudkan dari bantuan dari Provinsi Jabar sebanyak 18 rumah, atas kerjasama Dandim 0607 Sukabumi," ujar Aba.

BACA JUGA : Pencairan Dana Desa Tahap II di Sukabumi Baru 40 Persen, Ternyata Ini Masalahnya

Program Rutilahu lainnya dialokasikan dari Dana Desa (DD) tahun 2018 sebanyak 13 dan 22 rumah yang dilaksanakan di 4 kedusunan yakni Paledang, Cikondang, Cijabon dan Karadenan.

Dari data yang diterima TatarSukabumi.ID setidaknya 200 unit Rutilahu tercatat di Desa Cimahi, "Alhamdulillah selama menjabat Kepala Desa, Saya baru mampu membangun rutilahu sebanyak 80 rumah warga yang masuk kriteria 11 dinas sosial dibantu peran serta ZIS (Zakat Infak Sodhakoh) Desa, TNI, Dinas Sosial dan BAZNAS Kabupaten Sukabumi," jelas Kades Cimahi.

BACA JUGA : Marwan Hamami : Pembangunan Secepatnya Dieksekusi

Ditambahkan Sekretaris Desa Cimahi Duni Irsani menjelaskan, "Dengan kerja keras dan kebersamaan, walau sesulit apapun dalam perencanaan, pelaksanaan serta pelaporan bisa terlaksana, asalkan mengacu Permendagri nomor 28 tahun 2018," ujar Duni.

Pengelolaan Dana ZIS di Desa Cimahi telah berjalan sejak tahun 2016 yakni di Kedusunan Karadenan RT 13/ RW 04,
RT 53/ RW 5, dan RT 14/ RW 5, "Sewaktu masih dikelola oleh RW pendapatan ZIS pertahun bisa mencapai 28 Juta Rupiah dimanfaatkan untuk rehab Masjid, Rutilahu, Sosial, Kesehatan sampai pembuatan Penerangan Jalan ,” Beber Duni.(*)

Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Dari 200 Rutilahu, Pemdes Cimahi Sukabumi Berhasil Bangun 80 Unit Rumah Layak Huni Dari 200 Rutilahu, Pemdes Cimahi Sukabumi Berhasil Bangun 80 Unit Rumah Layak Huni Reviewed by Tatar Sukabumi on Minggu, Juli 22, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads