Header AD

Curug Panutup, Air Terjun Kawasan Geopark Ciletuh Yang Belum Terekspose

TatarSukabumi.ID - Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu Kabupaten yang saat ini menjadi tujuan Wisatawan Domestik hingga Mancanegara, hal ini dikarenakan menyimpan spot wisata dengan pemandangan alam, laut, sungai, danau, hingga ribuan air terjun (Curug).

Salah satu icon yang terkenal bertaraf Internasional adalah kawasan Geopark Ciletuh yang telah diakui Unesco.

Masih dalam kawasan Geopark Ciletuh, terdapat tempat eksotis yang masih jarang terjamah, adalah Air terjun Curug Panutup, yang terletak dikawasan Desa Cihaur, Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.

BACA JUGA : Wahana Anak Canyon Playing, River Tubing, Sawer Climbing Pertama di Sukabumi

Curug Panutup berada dialiran Sungai Cihaur yang hulunya berasal dari Situ Bojong Asih (Situ yang berada di area milik perkebunan Bojong Asih) dan bermuara di Cisantri yang berada di areal jalan lintas Geopark Ciletuh.

Ketinggian Air Terjun mencapai 100 meter, terdapat lima undakan air terjun, dengan kejernihan air yang menghiasi tebing batu bermotip, tidak hanya air terjun, pemandangan alam hamparan perkebunan teh, Danau Situ Bojong Asih bahkan Laut Palabuhanratu bisa terlihat dari Puncak teratas Panenjoan sangat cocok untuk spot foto.

BACA JUGA : Spot Wisata Suguhkan  Keindahan Alam Hingga Satwa Liar Endemik di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Sukabumi

Untuk mencapai tempat tidaklah sulit karena masih satu arah dengan Geopark Ciletuh.

Dari simpang tiga Palabuhanratu - Surade tinggal mengambil arah masuk Geopark lurus hingga menemukan Perkebunan Teh Cigaru.

Tepat didepan Kantor Desa Kertajaya, belok kanan menuju Desa Cihaur, sekitar 8 KM untuk sampai lokasi, disambung dengan berjalan kaki 200 meter disitulah letak Curug Panutup.(*)

Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Curug Panutup, Air Terjun Kawasan Geopark Ciletuh Yang Belum Terekspose Curug Panutup, Air Terjun Kawasan Geopark Ciletuh Yang Belum Terekspose Reviewed by Tatar Sukabumi on Senin, Juli 09, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads