Header AD

Curug Cirajeg Sukabumi Bertipe Block Waterfall, Horsetail Waterfall, Tiered Waterfall

TatarSukabumi.ID - Ribuan Air Terjun tersebar di Sukabumi, beberapa tipe Air Terjun diklasifikasikan sesuai dengan bentuk batuan Air Terjun dan tipe air, salah satunya adalah Air Terjun (Curug) Cirajeg dengan tipe Block Waterfall, Horsetail Waterfall, Tiered Waterfall dapat menjadi klasifikasi air terjun ini meskipun belum sempurna.

Tidak terdapat kolam pada bagian jatuhan air Curug Cirajeg, hal ini salah satunya menandakan bahwa batuan dinding Curug termasuk ke dalam jenis batuan yang tahan terhadap erosi.

BACA JUGA : Sejarah Bendung Kebon Randu Waterkracht De Tjitjatih Tjibadak

Curug Cirajeg jug termasuk ke dalam air terjun semi permanen, karena bila musim kemarau volume jatuhan airnya akan sangat kecil.

Dari sedikit deskripsi tersebut, patut diterusuri lebih jauh tentang Curug Cirajeg yang terletak di Dusun Cirajeg, Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Curug Cirajeg merupakan air terjun yang berada di tengah areal Persawahan yang cukup luas, dengan warna putih airnya sangat kontras dengan hijau dan kuning persawahan berpadau dengan warna hitam batuan dinding air terjun.

BACA JUGA : Kisah Sedih Pasca Evakuasi Buaya Muara Bernama Dewi di Palabuhanratu

Konon nama Cirajeg juga menjadi penamaan sebuah Sesar yang kemungkinan besar membentuk Curug Cirajeg, yakni Sesar Cirajeg (Lag left slip fault).

Hal ini sedikit menjelaskan pembentukan Curug Cirajeg dan bentuk dinding air terjun yang jika dilihat dari jauh memiliki garis horizontal dengan sedikit kemiringan.

Akses menuju Curug Cirajeg, cukup dekat ditempuh dari Pusat Kota Sukabumi, hanya 1 jam jarak tempuh, untuk menuju Purabaya, setelah melewati pemukiman penduduk, Persawahan dan Perkebunan recomended untuk didatangi.(*)

Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Curug Cirajeg Sukabumi Bertipe Block Waterfall, Horsetail Waterfall, Tiered Waterfall Curug Cirajeg Sukabumi Bertipe Block Waterfall, Horsetail Waterfall, Tiered Waterfall Reviewed by Tatar Sukabumi on Minggu, Juli 22, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads