Header AD

Capacity Building Himpaudi Sukabumi - Bogor

TatarSukabumi.ID - Kelompok Bermain (KB) Fatimah Az-Zahra dengan dukungan Yayasan Alhasanah dan PT. Indonesia Power menggelar acara Outbound Fun Game, di lapangan sepak bola Kampung Garehong, Desa Purwasari, Pamijahan, Bogor, Sabtu (21/7/2018).

Mengajar dilevel Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tidaklah mudah, selain harus ekstra sabar, dan terampil dalam mengelola suasana belajar agar menyenangkan bagi anak didik "Pembelajaran bermain sambil belajar di luar ruangan sangat perlu bagi anak anak," tutur Maman Diana, panitia acara dalam sambutannya.

BACA JUGA : Curug Cirajeg Sukabumi Bertipe Block Waterfall, Horsetail Waterfall, Tiered Waterfall

Lanjut Maman, mereka juga harus mampu bekerjasama dengan orangtua untuk menciptakan suasana yang kondusif, baik di sekolah maupun di rumah," jelas Maman yang menjabat Ketua Himpaudi Kecamatan Kabandungan.

Maman berpendapat, menemukan guru PAUD yang mencakup tiga kompetensi tidak mudah, "Jadi pertama adalah membangun integritas gurunya dahulu. Kedua seorang guru PAUD juga harus tahu perkembangan anak, dan terakhir memahami prinsip pendidikan PAUD," ujarnya.

BACA JUGA : Sejarah Bendung Kebon Randu Waterkracht De Tjitjatih Tjibadak

"Tetapi tentu itu dapat diatasi dengan pelatihan. Seorang guru kuncinya adalah memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak. Sebab, jika mereka tidak membuat suasana yang menyenangkan, ingatan anak itu sangat kuat sehingga justru membuat mereka tak mau belajar, " tandas Maman.

Ditempat yang sama, Ujang Iskandar, selaku Kepala Sekolah Kelompok Bermain Fatimah Az-Zahra kepada TatarSukabumi.ID menuturkan, "Kelompok Bermain Fatimah Az-Zahra yang baru berdiri ini ingin memperluas jejaring, dengan kegiatan bersama ini dapat, berbagi ilmu, pengalaman dan mengenal lebih guru paud yang berada di Kecamatan perbatasan antara Kabupaten Bogor - Sukabumi, khususnya Kec. Kabandungan,"imbuhnya.

BACA JUGA : Kisah Sedih Pasca Evakuasi Buaya Muara Bernama Dewi di Palabuhanratu

Melalui permainan ice breaker dan fun game bina suasana, Instruktur Outbound yang dihadirkan pihak panitia, dapat menambah keterampilan para guru.

Siti Badriah, salah satu pengelola PAUD asal Kabandungan, menuturkan, "Sangat berkesan dengan metode yang didapat dari kegiatani ini, ternyata outbond sederhana dapat digunakan dalam pendidikan anak usia dini, insya Allah saya terapkan nantinya,"tuturnya.(*)

Kontributor : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Capacity Building Himpaudi Sukabumi - Bogor Capacity Building Himpaudi Sukabumi - Bogor Reviewed by Tatar Sukabumi on Minggu, Juli 22, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads