Berita Terkini Sukabumi

Selasa, 03 Juli 2018

27 Juli 2018, Fenomena Gerhana Bulan Istimewa Setelah Super Blue Blood Moon

TatarSukabumi.ID - Posisi Matahari, Bumi dan Bulan yang berderet sejajar mengakibatkan posisi Bumi terhalang Bulan merupakan fenomena alam yang disebut Gerhana Bulan.

Pada tahun 2018 beberapa fenomena alam terjadi, diantaranya gerhana Bulan Total terindah yang dinamai Super Blue Blood Moon atau Supermoon yang terjadi dipenghujung bulan Januari 2018 Silam.

Berdasarkan hasil perhitungan Astronomi diperkirakan 27 Juli mendatang kembali akan terjadi Gerhana Bulan Total.

BACA JUGA : Gerhana Bulan Total Supermoon 31 Januari 2018, Inilah Fase - Fase Yang Akan Terjadi

Berbeda dengan keistimewaan Super Blue Blood Moon atau Supermoon pada januari lalu, dekatnya selisih waktu Bulan berada di perigee (titik terdekat ke Bumi) mengakibatkan Bulan akan tampak lebih besar hingga 14% dari ukuran yang biasa terlihat, dan lebih cemerlang sekitar 30% dari ukuran saat Purnama apogee (Bulan dititik terjauh dari Bumi).

Gerhana Bulan Total pada 27 Juli mendatang juga akan menjadi fenomena alam yang cukup istimewa, hal ini disebabkan karena Gerhana Bulan mendatang merupakan Gerhana Bulan dengan waktu terpanjang sejak tahun 2011 hingga 10 tahun terakhir.

BACA JUGA : Jelang Gerhana Bulan Total Penyelenggara Syari'ah Kemenag Sukabumi, Himbau Warga Lakukan Hal Ini

Diperkirakan fenomena Gerhana Bulan akan terjadi hingga mencapai waktu 1 jam 43 menit seperti dilansir TatarSukabumi.ID dari BCS news.

Dengan kondisi langit yang cerah pada 27 Juli mendatang, diperkirakan masyarakat Asia akan bisa menyaksikan fenomena alam ini.(*)

Penulis : Dian Syahputra Pasi