Geopark Ciletuh Disahkan UNESCO Menjadi UGG, Pemprov Jabar Gelar Syukuran

Senin, 25 Juni 2018 - 00:00 WIB

Geopark Ciletuh Disahkan UNESCO Menjadi UGG, Pemprov Jabar Gelar Syukuran
Geopark Ciletuh Disahkan UNESCO Menjadi UGG, Pemprov Jabar Gelar Syukuran


TatarSukabumi.ID - Kabupaten Sukabumi boleh berbangga dengan ditetapkannya Geopark Ciletuh Palabuanratu oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 17 April lalu menjadi Unesco Global Geopark (UGG)

Syukuran atas penetapan UGG digelar Jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Aula Timur Gedung Sate Bandung, Minggu [3/06/2018].

BACA JUGA : Inilah 7 Foto Keindahan Ujung Genteng - Geopark Sukabumi, Yang Belum Kalian Lihat

Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersyukur dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung hingga geopark diakui secara internasional, "Dengan pengakuan ini diharapkan akan dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat di sekitarnya" harap Bupati, di Gedung Sate Bandung, Minggu [3/06/2018].

Menurut Marwan Hamami, dengan akses jalan baru jalur Palabuanratu - Loji, jarak menuju Geopark Ciletuh hanya ditempuh dengan 45 menit, dengan hal ini diharapkan pertumbuhan perekonomian masyarakat dapat meningkat dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan Geopak Ciletuh yang saat ini rata rata mencapai 1500 hingga 3000 pendatang setiap minggunya.

BACA JUGA : Icip Icip Kopi Asal Sukabumi Yang Bercitarasa

Di tempat yang sama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan bahwa potensi alam, geologi, biologi dan budaya yang dimiliki Jawa Barat sangatlah patut diakui oleh dunia internasional sehingga pada 17 April 2018, pada acara Sidang Executive UNESCO ke-204, Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi UNESCO Global Geopark untuk periode 17 April 2018 hingga 16 April 2022 mendatang.


"Penetapan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sebagai UNESCO Global Geopark ini bukanlah akhir segalanya, melainkan awal kerja keras kita demi mewujudkan cita-cita Geopark itu sendiri, yakni melindungi warisan Bumi dan mensejahterakan Masyarakat lokal" terang Ahmad Heryawan.

BACA JUGA : Curug Cikurutug Jampang Tengah Semakin Indah

Menurut Gubernur UNESCO Global Geopark berarti memiliki standar dunia. Saat ini masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki dan ibenahi untuk mencapai standar tersebut, "Tugas dari Badan Pengelola selanjutnya adalah terus mengembangkan kawasan ini agar tetap memiliki standar yang berkelas dunia sesuai dengan 13 rekomendasi yang telah diberikan. Diantara 13 rekomendasi yang dimaksud adalah penyusunan masterplan, perbaikan kualitas infrastuktur dan akses jalan yang merata, penyusunan program pendidikan, pelaksanaan pelatihan untuk warga lokal, pengembangan kerjasama dengan geopark partner, dan pengembangan serta penguatan kerjasama dengan geopark di Indonesia maupun dunia. Ini berarti bahwa untuk kedepannya, Badan Pengelola dan pihak terkait harus terus melaksanakan program-program untuk melengkapi rekomendasi tersebut dan Ini merupakan tanggung jawab kita semua" beber Gubernur Jabar.

Dalam acara syukuran tersebut Bupati Sukabumi mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai tim yang telah berperan aktif dalam proses pencapaian geopark Ciletuh - Palabuanratu menjadi Unesco Global Geopark.(*)

Sumber / Foto : Humas / Editor : Dian Syahputra Pasi

 

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI