Berita Terkini Sukabumi

Kamis, 28 Juni 2018

Dugaan Pelanggaran Pilkada Gubernur Jabar 2018 di Sukabumi dan Cianjur, Bawaslu Jabar Angkat Bicara


TatarSukabumi.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat menemukan dugaan dugaan pelanggaran pada Pilkada Gubernur Jawa Barat 2018.

Hal ini disampaikan anggota Bawaslu Provinsi Jawa barat, Loly Suhenti saat melakukan kunjungannya di Kantor Panwaslu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu [27/6/2018].

BACA JUGA : Perusahaan Garment di Sukabumi, Diduga Masih Melakukan Aktivitas Lembur Kerja di Hari Pencoblosan Pilkada 2018

Saat dikonfirmasi TatarSukabumi.ID, Loly Suhenty mengungkapkan, "Kami Jajaran Bawaslu Jawa Barat membagi diri ke beberapa daerah untuk melakukan pengawasan, kebetulan saya sendiri ditugaskan untuk Kabupaten Cianjur, Kota dan Kabupaten Sukabumi," ujar Loly.

"Dari hasil penelusuran sejak semalam hingga hari ini setidaknya kami menemukan beberapa pelanggaran misalnya di Cianjur, ada salah satu TPS yang tidak tersedia surat suara, saat itu langsung berkoordinsi dengan KPU, Panwascam dan PPK untuk segera menghadirkan kertas suara sehingga hak pilih orang lain tidak hilang, upaya antisipasi itu yang kami lakukan," ujar Loly.

BACA JUGA : Inilah Perolehan Suara Pilkada Gubernur Jabar di Lapas Kelas III Warungkiara - Sukabumi

Menurut Lily, beberapa pelanggaran terjadi di Sukabumi, "Jenis pelanggaran yang di jumpai di Sukabumi itu tidak tersedianya formulir C7 yang mana form C7 ini wajib diisi karena itu menjadi rumus ketika melakukan perhitungan suara, ini ditemukan dibeberapa TPS dan baru disadari bahkan ada yang tidak di isi sama sekali," ungkap Loly.

Hal lain menurut Loly, partisipasi pemilih di Sukabumi masih menjadi kendala dan menjadi tantangan tersendiri meski bukan pelanggaran, "Ini menjadi PR kita bersama, serta evaluasi sosialisasi yang dilakukan oleh teman teman KPU," tandas Loly.

Meski masih meninggalkan sejumlah catatan, Bawaslu mengklaim pelaksanaan Pilkada Gubernur Jabar 2018 di Sukabumi berjalan lancar dan tanpa meninggalkan permasalahn yang berarti, "jadi secara umum saya menyatakan bahwa Pilkada kali ini berjalan cukup lancar adapun temuan temuan pelangaran menjadi catatan bagi kami untuk di tindaklanjuti lebih jauh lagi, adapun jenis pelanggaran yang dijumpai ini tidak terlalu krusial, beberapa bisa langsung ditangangani oleh petugas TPS dilokasi," pungkasnya.

Kontributor : Asep M-Rhe / Editor : Dian Syahputra Pasi