Header AD

Tips Memilih Makanan Saat Sahur


TatarSukabumi.ID -  Bulan Sya'ban telah terlewati, hari pertama di bulan Ramadhan telah tiba, kewajiban menunaikan ibadah puasa (shaum) mulai dari makan sahur hingga berbuka dalam sebulan penuh akan menjadi rutinitas di bulan Ramadhan.

Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan yang akan dikonsumsi baik saat makan sahur maupun saat berbuka puasa.

Dengan komposisi makanan yang tepat, setiap muslim akan tetap bisa beraktivitas secara normal selama bulan Ramadhan.

BACA JUGA : Penetapan Hari Pertama Ramadhan 1439 H di Sukabumi

Sahur bisa dikatakan sebagai pengganti sarapan, sahur merupakan jadwal makan pertama untuk memberikan cadangan energi dalam menjalankan aktivitas saat berpuasa.

Makan sahur cukup penting untuk menunjang kelancaran puasa, dengan mengonsumsi makanan yang penuh zat gizi dan porsi yang cukup untuk mengimbangi energi yang dibutuhkan saat beraktivitas hingga waktu berbuka.

Perlu diperhatikan menu makan sahur dianjurkan cukup mengandung Karbohidrat sebagai zat yang dapat menyediakan energi utama bagi tubuh selama berpuasa, baiknya pilihlah jenis karbohidrat kompleks untuk dikonsumsi saat sahur, karena karbohidrat kompleks lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga memberi rasa kenyang lebih lama dan memberi energi dalam waktu yang lebih lama pula, contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah nasi merah, sereal, kentang, oatmeal, roti gandum dan masih banyak lagi.

Selain makanan yang mengandung karbohidrat, makanan berprotein juga penting dipenuhi saat sahur, Protein diperlukan untuk membantu memperbaiki dan membangun jaringan dalam tubuh, selain itu, protein juga diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga, contoh makanan yang mengandung sumber protein, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, susu, yogurt, keju, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

BACA JUGA : Selama Ramadhan, PDAM Sukabumi Tingkatkan Pelayanan Quick Respons Kepada Konsumen

Sayuran serta buah-buahan juga tidak kalah penting untuk dikonsumsi saat sahur. Keduanya mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan Anda, seperti kalium, asam folat, vitamin A, vitamin E, vitamin C, zat besi, dan magnesium.

Vitamin dan mineral dari sayur dan buah berperan penting untuk membantu metabolisme dalam tubuh, hal lainnya, buah dan sayuran mengandung serat  yang tinggi.

Yang tidak kalah penting adalah air putih, untuk memperlancar pencernaan, memperlancar metabolisme tubuh, menjaga dehidrasi, Kebutuhan air yang cukup dapat membantu menjalankan kelancaran  ibadah puasa.(*)

Penulis : Rudi Imelda / Editor : Dian Syahputra Pasi

Tips Memilih Makanan Saat Sahur Tips Memilih Makanan Saat Sahur Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, Mei 16, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads