Wilujeng Sumping di Tatar Sukabumi - Keluhan Warga Silahkan email : kasukabumian@gmail.com Pengaduan SMS Ketik : LAPOR(spasi)PESAN kirim ke 0857-222222-66 Informasi peliputan dapat menghubungi nomor tersebut

Rabu, 09 Mei 2018

PDAM Sukabumi Siap Kelola 15 Persen Air PT Aqua Bagi Masyarakat


TatarSukabumi.ID - PT. Aqua Golden Mississippi (AGM) berkewajiban memberikan 15 % dari debit yang diberikan dimanfaatkan bagi Masyarakat.

Direktur Bidang Teknik PDAM Tirta Jaya Mandiri (TJM) Iyus Sugiarto akan mengambil langkah persiapan dalam pengelolaan air 15 persen kepada warga masyarakat, "Otomatis kami adalah PDAM salah satu yang ditunjuk oleh pemerintah daerah dalam pengelolaan air bersih dengan adanya 15 persen untuk kebutuhan warga masyarakat kami intinya siap untuk mengelola tersebut sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah daerah atau pusat," ujar Iyus usai rapat kunjungan ke PT. Aqua Golden Mississippi (AGM) Mekarsari - Cicurug, Senin [6/5/2018].

BACA JUGA : Diberi Waktu 30 Hari Oleh DPRD Sukabumi, PT Aqua Golden Missisippi Angkat Bicara

Saat ini diduga PT PT. Aqua Golden Mississippi (AGM) diduga belum melaksanakan sepenuhnya 6 point yang menjadi kewajiban Perusahaan, Direktur Bidang Teknik PDAM Tirta Jaya Mandiri (TJM) kepada TatarSukabumi.ID, menegaskan, "Intinya kita kembali kepada aturan, aturanlah yang harus kita pegang, intinya itu," ucap Iyus Sugiarto.

Menurut Iyus Sugiarto, PT AGM belum merealisasikan kewajiba penuh dalam pengembalian air 15% kepada masyarakat, "Kalau dilihat dari penjelasan yang saya dihimpun dari kedua desa yaitu Desa Mekarsari (Cicurug) dan desa Babakan Pari (Cidahu), ada sebagian, tapi ini baru sebagian kecil  yang sudah dimanfaatkan dari 15%.Tapi yang lebih pasti kita dapat membuktikan dengan cek kelapangan apakah sumber air yang dimanfaatkan warga masyarakat dua desa apakah betul dari mata air tersebut," jelas Iyus Sugiarto.

BACA JUGA : DPRD, Sat Pol PP, DPMPTSP Datangi PT Aqua Golden Mississippi Sukabumi, Bahas Masalah Ini

Hal lainnya menurut Iyus Sugiarto, Aspek peninjauan15% dilakukan dari penghitungan secara real, "melalui neraca itu harus dilakukan, karena itu sebagai patokan dari yang diijinkan berapa berikut dari pemakaian berapa, karena kita menghitung 15% itu dari hasil menghitung dari neraca produksi, jadi bisa melihat hasilnya dari situ," Ujar Iyus .

Selanjutnya DPRD Kabupaten Sukabumi memberikan waktu 30 hari kepada PT AGM untuk merumuskan penyelesaian permasalahan ini, "Perusahaan ini karena PMA (Perusahaan Modal Asing) jadi ada tahapan yang sedang dilaporkan, bila 30 hari ada indikasi menghambat kita akan bertindak tegas dengan berikan sanksi yang diperlukan, bisa penghentian sementara bisa penutupan salahsatu usaha. Intinya kita ingin perusahan Aqua berjalan namun  perusahaan harus sesuai aturan," tegas Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Agus Mulyadi dalam rapat kunjungan ke PT. Aqua Golden Mississippi (AGM) Mekarsari - Cicurug.(*)

Reporter : Rapik Utama / Editor : Dian Syahputra Pasi