Senin, 28 Mei 2018

Pasca Bentrok Buruh dan Petugas Keamanan, Seperti Ini Penjelasan Kapolres Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Kericuhan dan bentrok terjadi antara Petugas Keamanan dengan massa Karyawan CV Berkah Alam Saribumi (BAS), yang menggelar aksi demo tuntut gaji sejak pagi didepan Kantor Perusahaan CV. BAS di Kampung Bungur Pandak, Desa Bojong Kaler, Kecamatan Cikembar, Sukabumi - Jawa Barat, Senin [28/5/2018].

Karyawan merasa geram kepada Pihak Perusahaan yang belum membayar hak gaji Karyawan hingga 2 bulan lamanya, Karyawan memaksa masuk hingga melempari Petugas Keamanan dengan batu hingga terjadi kericuhan.

Menjelang buka puasa (Magrib) Aparat keamanan berhasil mengatasi suasana panas massa aksi, Petugas berhasil membubarkan aksi massa yang sempat bentrok hingga mengakibatkan 4 aparat keamanan mengalami luka akibat lemparan batu.

BACA JUGA : Tembakan Gas Air Mata dan Lemparan Batu, Buruh Bentrok dengan Pengamanan di Cikembar Sukabumi

Saat ditemui awak media, Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi mengungkapkan, "Kami dari Pihak Polres Sukabumi di backup oleh bapak Dandim (0607) dan dari rekan Batalion 310 dan Batalion Armed Kostrad, telah mengamankan Karyawan yang merasa kesal kepada managemen PT BAS yang beroperasi selama 3 bulan yang belum mampu membayar gaji karyawan dengan beberapa alasan. Dan ternyata mereka juga (CV. BAS) belum ada izin dari pemerintah untuk melaksanakan aktivitasnya (produksi)," ujar Kapolres Sukabumi, Senin [28/5/2018].


Kapolres Sukabumi menjelaskan, Pihaknya telah mencoba menenangkan 600 hingga 700 Karyawan untuk tidak melakukan tindakan anarkis, "Tapi karena kekesalan mereka yang selama ini terpendam, dan mereka tidak terima karena kebutuhan di Bulan Ramadhan. akhirnya mereka melempar dan mencoba merusak tembok, kami tetap bertahan tidak melakukan perlawanan hanya berjaga dipintu masuk," beber AKBP Nasriadi.

BACA JUGA : 600 Karyawan CV BAS Cikembar Kembali Unjuk Rasa Tagih Gaji

Akibat bentrok yang terjadi ini, 4 Petugas Keamanan mengalami luka-luka dan 2 Karyawan juga mengalami hal yang sama namun saat ini seluruh korban telah mendapat pengobatan dari tim medis Dokpol dilokasi bentrok.

"Kami telah menguasai situasi, usai buka puasa bersama kami menginstruksikan mereka(Karyawan) untuk kembali kerumah sambil menunggu perwakilan mereka yang akan melakukan pertemuan dengan Pihak Perusahaan," ungkap orang nomor satu diwilayah hukum Kabupaten Sukabumi.

Kapolres mengungkapkan tidak ada Karyawan yang diamankan pasca kejadian bentrok ini, sementara situasi saat ini telah aman dan kondusif dan Jajaran Kepolisian siap mengawal permasalahan ini hingga selesai.(*)

Reporter  : Isep Panji / Editor : Dian Syahputra Pasi