Jalan Rusak di Sukabumi Bukan Hanya Salah PU Bina Marga, Ini Penjelasannya

Kamis, 31 Mei 2018 - 00:00 WIB

Jalan Rusak di Sukabumi Bukan Hanya Salah PU Bina Marga, Ini Penjelasannya
Jalan Rusak di Sukabumi Bukan Hanya Salah PU Bina Marga, Ini Penjelasannya


TatarSukabumi.ID - Beberapa ruas jalan Provinsi sepanjang ruas jalan Sukabumi - Surade mengalami kerusakan yang cukup parah hingga beberapa Kilo Meter terutama sepanjang jalur Jalan Raya Padabeunghar Kecamatan Jampang Tengah.

Salah satu faktor penyebab kerusakan jalan adalah beban kendaraan yang melebihi kapasitas muat sehingga mempercepat proses kerusakan pada jalan.

BACA JUGA : Jelang Lebaran, Jalan Padabeunghar Masih Rusak Parah

Seperti diungkap Kepala Sub Unit Pengelola Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Entis Sutisna Kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan, "Mengenai ruas Jalan tersebut tingal tindak lanjutnya bagaimana dari perizinan dalam hal ini pihak pemerintah bisa memberlakukan batasan muatan, karena setiap jalan sebetulnya sama, setiap hari ada petugas yang memelihara dan perbaikan, akan tetapi karena tidak seimbang perbaikan hanya dengan pemeliharaan rutin jalan, yang notabene pemeliharaan hanya bisa mempertahankan kondisi jalan," ujar Entis Sutisna, Selasa [22/5/2018].

"Mudah mudahan kedepan ada penertiban pembatasan muatan, dan juga jalannya di tingkatkan kelasnya, jadi seimbang antara kelas jalan sama beban yang melintasinya," tambah Entis.

BACA JUGA : Tanami Pohon Hingga Televisi Ditengah Jalan Warga Sukabumi Blokade Jalan

Menurut Kepala Sub Unit Pengelola Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Barat seluruh instansi terkait harus ikut terlibat dalam mengatasi kerusakan jalan, "Karna kerusakan jalan tersebut semua pihak harus ikut terlibat dalam penanganannya, tidak hanya beban di Dinas Bina Marga saja, melainkan dari mulai Dinas Perijinan dan Dishub juga harus sinergis agar jalan tersebut tetap bagus," jelas Entis.

Faktor lainnya menurut Entis Sutisna, masyarakat harus disiplin degan tidak membuang sampah sembarangan hingga menyebabkan mampetnya drainase dan gorong gorong pinggir jalan, jika hujan hal ini menyebabkan saluran air tidak lancar hingga tumpah kejalan dan menjadi salah satu faktor rusaknya jalan.

Toko dan bangunan yang didirikan dibahu jalan atau bangunan beton dengan posisi yang miring kejalan hingga mengakibatkan air hujan masuk kejalan juga merupakan salah satu faktor penyebab rusaknya jalan, jelas Entis Sutisna.(*)

Reporter : Rudi Imelda / Editor : Dian Syahputra Pasi

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI