Wilujeng Sumping di Tatar Sukabumi - Keluhan Warga Silahkan email : kasukabumian@gmail.com Pengaduan SMS Ketik : LAPOR(spasi)PESAN kirim ke 0857-222222-66 Informasi peliputan dapat menghubungi nomor tersebut

Rabu, 16 Mei 2018

60 KK Warga Cikidang Belum Teraliri Listrik, Ini Penjelasan ESDM


TatarSukabumi.ID - Pemerataan Pembangunan belum dirasakan oleg 60 KK warga Desa Gunungmalang Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi yang hingga saat ini belum merasakan terangnya listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara).

Kepala Dinas Perindustrian dan ESDM Kabupaten Sukabumi Ir. Adi Purnomo terkait masih ada warga masyarakat wilayah Kecamatan Cikidang dan Cikakak yang belum teraliri listrik kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan," Dalam konteks masalah listrik, pemerintah kabupaten Sukabumi memang menyadari kalau dari sisi kewenangan bukan kewenangan Bupati atau Pemerintah Kabupaten. Namun demikian Pemda Kabupaten Sukabumi punya komitmen untuk terwujudnya visi Sukabumi religius, mandiri dan lebih baik, tentu salah satu indikatornya yang tadinya belum ada listrik menjadi bisa teraliri listrik. Maka dalam konteks masalah masyarakat kita yang belum teraliri listrik, sekalipun itu bukan kewenangan Bupati atau Pemkab, tapi kita punya komitmen untuk menghubungkan kepada pemerintah baik pusat ataupun provinsi sesuai dengan kewenangannya untuk dapat memfasilitasi," beber Adi Purnomo.

BACA JUGA : Bupati Tegas Tidak Akan Cabut Perda Miras di Sukabumi

Menurut Kepala Dinas ESDM hingga tahun 2017 dari data perkecamatan, masih sekitar 8% Masyarakat yang belum teraliri Listrik, "Rasio elektrifikasi  Kabupaten Sukabumi sudah 92%, artinya masih ada 8% masyarakat Sukabumi yang belum teraliri listrik," jelas Adi Purnomo.

Data kuisioner tahun 2017 dari setiap Kecamatan se-kabupaten Sukabumi telah dilaporkan kepada Pemerintah Pusat dan saat ini Pemda Sukabumi tengah mengawalnya, "Dan itu sudah ditindak lanjuti dengan Surat bupati kepada Dirjen tenaga kelistrikan, kepada Gubernur Jawa barat untuk bisa difasilitasi, mudah-mudahan tentu secara berangsur-angsur Pemerintah Pusat, Provinsi bisa memperlihatkan Pemkab Sukabumi," ujar Adi Purnomo.

BACA JUGA : Marwan Hamami Raih Prestasi Terbaik Program Compact Indonesia

Menurut Kadis ESDM, Pemprov Jabar dengan dana yang cukup terbatas, dengan wilayah kerja yang luas mencakup 27 Kota /Kabupaten, "Kita itu sebetulnya Kabupaten sudah masuk rasio elektrifikasi termasuk cukup tinggi. seperti diwilayah kabupaten selatan dan sebelah timur Jawa barat masih sekitar 80%," ujar Adi.

"Maka tentu kalau nanti pihak provinsi misalnya tiba-tiba lebih banyak alokasikan dana yang dikucurkan diluar sukabumi tentu wajar karena tingkat rasio elektrifikasi nasional dikejar supaya merata diwilayah Jawa Barat. Jadi komitmen pemerintah kabupaten berusaha mencari dana termasuk kepada Kementrian Menko Maritim, kita ajukan dari berbagai sumber tidak hanya dari satu sumber, tapi dari beberapa menteri yang punya komitmen solid akan pembangunan, Karena listrik adalah salahsatu kebutuhan dasar warga masyarakat," beber Adi Purnomo.(*)

Reporter : Rapik Utama / Editor : Dian Syahputra Pasi