Selasa, 22 Mei 2018

38 Ribu Pelajar di Sukabumi Belum Bisa Baca Tulis Alquran, Inilah Upaya yang Dilakukan FKPQ Kabupaten Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Dewan Pengurus Daerah Forum Komunikasi Pendidikan Al'Quran (FKPQ) Kabupaten Sukabumi menyalurkan BOP (Biaya Operasional Pendidikan) dan Intensif Pendidikan Al'Quran tahun 2018, yang digelar di Gedung BAZ Kabupaten Sukabumi, Selasa [22/5/2018].

Pendistribusian BOP dan Intensif diberikan kepada 843 Unit Pendidikan dengan 3 ribu lebih guru penerima yang bersumber dari dana Sabilillah Zakat BAZ Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Mediasi, Buntut Sweeping Ormas Kepada Perusahaan di Parungkuda - Sukabumi

Ketua Umum FKPQ Dr. H. Ali Iskandar dalam sambutannya mengungkapkan, "Energi kita akan ditambah dengan turunnya BOP serta intensif yang di suport oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi, BAZ, Kemenag, guna mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang Mandiri dan Religius," tutur Ali Iskandar, Selasa [22/5/2018].

"Ini menjadi penambah semangat, ada tidaknya anggaran perjuangan akan terus berjalan, tebarkan keberkahan Alquran ditengah masyarakat sehingga semangat Sukabumi yang religius dan mandiri dapat terimplementasikan," ungkap Ketua Umum FKPQ Dr. H. Ali Iskandar kepada TatarSukabumi.ID.

H. Unang Kabag Sosial Keagamaan Setda Kabupaten Sukabumi dalam sambutannya mengungkapkan, "sistem dan situasi saat ini menggunakan sistem online sehingga tidak akan mudah menurunkan anggaran seperti tahun sebelumnya, jadi semua ajuan atau proposal dimasukan dulu sehingga akan muncul dalam musrenbang dan anggaran bisa diturunkan," ujar H. Unang.

BACA JUGA : Jalan Rusak di Sukabumi Bukan Hanya Salah PU Bina Marga, Ini Penjelasannya

Hari ini dari 45 ketua/Pengurus DPK FKPQ diharuskan melengkapi syarat pencairan diantaranya memberikan laporan penyelenggaraan pelaksanaan munagosah,wisuda dan kewajiban penyelesaian administrasi serta bagi unit yang belum terdaftar dalam data emais PD. Pontren kementrian Agama agar membawa kelengkapan administrasi unit seperti SK dan piagam terbaru.

Kasi PD Pontren Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi Agus Santosa secara simbolis membuka pemberian BOP dan Intensif Pendidikan Al'Quran tahun 2018, menurutnya, Data selama 2018 di Kabupaten Sukabumi kekurangan guru agama mencapai 600 guru, bahkan ada salah satu kecamatan yang tidak memiliki sama sekali guru agama, tercatat 38 ribu pelajar yang belum bisa baca tulis Al'Quran.

BACA JUGA : Akhirnya, 2 Bulan Gaji Karyawan PT Sentosa Cicurug Akan Dibayar

"Perlu diberikan solusi secara sistematis untuk menjadikan Kabupaten Sukabumi yang terbebas dari baca tulis Alqur'an, beberapa kendala menjadi sandungan namun itu merupakan sebuah motivasi bagi kita," ungkapnya.

Acara ini dihadiri oleh ketua MUI, BAZNAS, Kabag Sosial dan keagamaan Setda, para tokoh agama dan ketua/pengurus DPK FKPQ se-kabupaten Sukabumi.(*)

Reporter : Rapik Utama / Editor : Dian Syahputra Pasi