Senin, 09 April 2018

Warga Sukabumi Keluhkan Akses Jalan Rusak, Pengaruhi Perekonomian Masyarakat


TatarSukabumi.ID - Kondisi Jalan lintas Paltilu - Tamanjaya penghubung Kecamatan Simpenan dan Kecamatan Ciemas mengalami kerusakan yang cukup parah di beberapa titik.

Kerusakan jalan dirasakan cukup mengganggu aktivitas warga hingga berpengaruh kepada roda perekonomian Masyarakat.

Kerusakan jalan dirasakan mengganggu para petani yang hendak membawa hasil panen ke kota, akses jalan rusak juga dirasakan oleh warga yang melakukan aktifitas terutama para pelajar yang menggunakan jasa angkutan umum Elf jurusan Ciwaru - Palabuhanratu.

BACA JUGA : Jokowi Tunggangi Moge di Sukabumi Hasil Modifikasi Elders Garage

Wisatawan juga kerap mengeluhkan kerusakan jalan, padahal akses Jalan Paltilu - Tamanjaya merupakan salah satu akses jalan alternatif menuju kawasan wisata Geopark Ciletuh Kecamatan Ciemas.

Dari pantauan TatarSukabumi.ID kerusakan terjadi disepanjang ruas jalan kawasan Kampung Cisitu Desa Ciemas, Kampung Cibinong Desa Mekarjaya hingga Kampung Cicukang perbatasan Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas dan dibeberapa titik lainnya.

BACA JUGA : Jalur Ganda Kereta Api Sukabumi - Bogor, Buka Lapangan Kerja 1420 Orang

Puluhan Kilometer Jalan mengalami kerusakan dan dibeberpa titik kondisi jalan terlihat nyaris tidak beraspal yang kerap mengakibatkan kecelakaan para pengguna jalan.

Tarman (50) Warga Cicukang kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan, "Lebih delapan tahun jalan disini belum terlihat perbaikan kaya sengaja dibiarkan, tapi kalau di ruas jalan yang berada di desa Ciemas dan Desa Tamanjaya pernah ada perbaikan," keluh Tarman, Senin [9/4/2018].

"Lihat saja jalannya kalau musim hujan kaya sekaranag ini banyak kubangan air dan aspalnya hilang, yang ada tuh batu balesan jalannya saja," ungkap Tarman.

BACA JUGA : Mayat Diduga Korban Pembunuhan Dibuang di Sungai Cibatu Sukabumi

Hal senada juga dirasakan Aden seorang pengepul hasil bumi (bandar sayur) "Jalan Tamanjaya-Paltilu merupakan akses terdekat menuju Palabuhanratu Sukabumi, bisa saja lewat jalan Mareleng, jalannya bagus namun cukup jauh berputar arah, dan memakan bahan bakar lebih (BBM) ongkos transportasi pun bisa bertambah," jelas Aden.

"Jalan ini juga selain dilintasi kendaraan pribadi, juga dilintasi angkutan umum seperti mobil Elp jurusan Ciwaru - Palabuhanratu, Saya mohon kepada pemerintah supaya cepat diperbaiki agar roda perekonomian warga lancar tanpa hambatan dalam perjalanan," Harap Aden.(*)

Reporter : Rudi Imelda / Editor : Dian Syahputra Pasi