Wilujeng Sumping di Tatar Sukabumi - Keluhan Warga Silahkan email : kasukabumian@gmail.com Pengaduan SMS Ketik : LAPOR(spasi)PESAN kirim ke 0857-222222-66 Informasi peliputan dapat menghubungi nomor tersebut

Sabtu, 07 April 2018

Sofyan Djalil di Sukabumi, Paling Lambat 2025 Seluruh Tanah di Indonesia Bersertifikat


TatarSukabumi.ID - Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia Sofyan A. Djalil melakukan kunjungan kerja di Sukabumi, Sabtu [7/4/2018].

Dalam pidatonya Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia Sofyan A. Djalil mengungkapkan, "Hari ini merupakan penyerahan sertipikat tanah gratis intuk rakyat, bagi 5 kota di Jawa Barat, yaitu Bandung, Purwakarta, Cianjur, Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi," ungkap Sofyan, di Lapangan Sekarwangi Cibadak, Sabtu [7/4/2018].

BACA JUGA : Dengan Double Track Kereta Sukabumi - Bogor Jadi 96 Kali Perhari

Menurut Sofyan pada Tahun 2017 setidaknya 5 juta sertipikat gratis telah diberikan kepada seluruh Masyarakat Indonesia.

"Untuk tahun 2018, 1 juta 270 ribu warga masyarakat Jawa Barat menerima sertipikat gratis," ungkap Sofyan.

"Paling lambat, tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia sudah bersertifikat. Tapi kalo bisa tahun 2023 kita usahakan selesai," tambah Sofyan.

BACA JUGA : Jalur Ganda Kereta Api Sukabumi - Bogor, Buka Lapangan Kerja 1420 Orang

Beberapa keuntungan memiliki sertifikat tanah menurut Sofyan adalah untuk menghindari konflik sengketa tanah, selain itu, masyarakat bisa menggunakan sertifikat untuk mendapat tambahan pinjaman dari Bank berbentuk kredit, "jangan pinjem sama rentenir, kalo sudah ada sertipikat jangan di jual," ungkap Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia

"Yang terpenting memberikan kepastian hukum bagi masyarakat hingga tidak ada lagi konflik sengketa tanah," ungkapnya.(*)

Reporter : Isep Panji / Editor : Dian Syahputra Pasi