Nyaris Setengah Produksi Perikanan Jabar, Dikontribusikan Nelayan Palabuhanratu

Sabtu, 14 April 2018 - 00:00 WIB

Nyaris Setengah Produksi Perikanan Jabar, Dikontribusikan Nelayan Palabuhanratu
Nyaris Setengah Produksi Perikanan Jabar, Dikontribusikan Nelayan Palabuhanratu


TatarSukabumi.ID - "Jumlah Nelayan yang sudah memiliki Kartu Identitas Nelayan di Kabupaten Sukabumi pada Tahun 2017 adalah sebanyak 9.033 orang dengan jumlah armada/kapal penangkap ikan sebanyak 2.152 Unit,"

"Adapun total produksi perikanan tangkap laut sebanyak  9.705,69 Ton dengan komoditas unggulan, ikan tuna, tongkol, cakalang dan layur dimana dari jumlah produksi tersebut pada tiga tahun terakhir,"

"Kabupaten Sukabumi telah memberikan kontribusi 40-45% terhadap total produksi perikanan tangkap Pantai Selatan Jawa Barat,"

Beber Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam sambutannya di acara Syukuran Nelayan Palabuhanratu ke 58, di Palabuhanratu, Kamis [5/4/2018].

BACA JUGA : Adat Labuh Saji, Jadi Sorotan Pengunjung Hari Nelayan Palabuhanratu

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan secara simbolis penghargaan kepada Perusahaan dan Nelayan atas kontribusinya dalam Syukuran Nelayan Palabuhanratu ke 58.

Dikatakan pula, Kabupaten Sukabumi memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang sangat besar untuk terus dikembangkan, Pengelolaan potensi tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan upaya pengelolaan kawasan minapolitan pada zona inti serta zona pendukung sebagaimana Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 32/Men/2010 tentang penetapan kawasan minapolitan berbasis perikanan tangkap serta Keputusan Bupati Sukabumi Nomor 523/Kep.565-Dislutkan/2010 tentang penetapan kawasan minapolitan berbasis perikanan tangkap di Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Inilah 7 Foto Keindahan Ujung Genteng - Geopark Sukabumi, Yang Belum Kalian Lihat

"Untuk itu harus ada peningkatan kapasitas Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu serta pembangunan TPI Higienis Palabuhanratu yang alhamdulillah saat ini telah selesai yang diharapakan dapat mendukung pelaksanaan system jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan di Pelabuhan Perikanan atau Pangkalan Pendaratan Ikan Kabupaten Sukabumi," jelas Marwan, Kamis [5/4/2018].

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan,  Bahwa di Kabupaten Sukabumi juga terdapat kawasan konservasi, pariwisata, dan Edukasi Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu yang berada di 8 Kecamatan dan 74 Desa meliputi Kecamatan Ciracap, Ciemas, Surade, Waluran, Simpenan, Palabuhanratu, Cikakak dan Cisolok yang merupakan bagian dari Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu.

"mudah-mudahan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu menjadi anggota UNESCO Global Geopark (UGG) dan menjadi destinasi Wisata Internasional." Harapnya. (*)

Sumber : Humas / Editor : Dian Syahputra Pasi

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI