Berita Terkini Sukabumi

Kamis, 12 April 2018

Ketua KPU Sukabumi : Kalau Ada yang Dilanggar, Pasti Ada Punishment


TatarSukabumi.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi mengelar sosialisasi 'Peran Media dalam mewujudkan Pilkada serentak tahun 2018 yang berkualitas' di Aula Wisma Kenanga Kota Sukabumi, Jawa Barat, Kamis [12/4/2018].

Sosialisasi bertujuannya dalam rangka menjadikan Pilgub Jabar 2018 sebagai sarana edukasi demokrasi dan wahana wisata politik untuk masyarakat Jawa Barat yang akan diselenggaran pada Rabu 27 juni 2018 mendatang.

BACA JUGA : Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Anggota PPS Kota Sukabumi

Ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah dalam sambutannya mengungkapkan, "Peran media yang kami rasakan selama ini sangat bermanfaat sekali. Tanpa media, sosialisasi menjadi kurang bernilai," papar Ketua KPU Kota Sukabumi, Kamis [12/4/2018].

"Media merupakan ujung tombak dalam sosialisasi kepada masyarakat. Bahkan semua tahapan Pilkada memerlukan peran media. Kalau tahapan tanpa ada media, serasa kurang," tambah Hamzah.

BACA JUGA : Kapolresta Sukabumi Siapkan 32 Personil Bersenjata Lengkap Kawal Calon Walikota dan Wakil Walikota

Media diharapkan bisa berperan aktif dalam membuat pemberitaan yang independen sesuai kode etik jurnalistik tanpa tanpa harus keluar dari koridor kebebasan pers itu sendiri untuk kemajuan Kota Sukabumi, "Semangat cinta Kota Sukabumi dengan tidak memberitakan berita tidak benar," ungkap Hamzah.

Norma Kode etik jurnalistik menyebut tentang independensi akurasi berita, keberimbangan, itikad baik, informasi teruji membedakan fakta dan opini, asas praduga tak bersalah, membela kelompok voiceless, perlindungan terhadap nara sumber/orang beresiko.

BACA JUGA : Terkait Miras Oplosan, Ribka Tjiptaning : Ini Tanggung Jawab Pemerintah

Memasuki Pilkada 2018 etika pemberitaan diperkuat sesuai dalam Undang-undang nomor 10 tahun 2017 dan PKPU nomor 4 tahun 2017, "Ada sekitar 24 poin larangan berkampanye. Satu diantaranya terkait layanan iklan dan pemberitaan di media," jelas Hamzah.

Diharapkan dalam Pilkada 2018 di Kota Sukabumi tidak ada pelanggaran, berjalan aman tertib dan kondusif, Hamzah menegaskan apabila ada pelanggaran, termasuk ke media, "Kalau ada yang dilanggar, pasti ada punishment. Kalau media itu penindakannya oleh dewan pers dan komisi penyiaran," tegasnya.(*)

Reporter : Dian Syahputra Pasi