Berita Terkini Sukabumi

Minggu, 08 April 2018

Jokowi Bagi Sertifikat Tanah di Cibadak, Kepala Desa Cijalingan Ungkapkan Hal Ini


TatarSukabumi.ID - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat, Sabtu [7/4/2018].

Presiden Joko Widodo menyerahkan 3.063 sertifikat hak atas tanah untuk rakyat, dalam pidatonya Jokowi menekankan pentingnya percepatan sertifikasi tanah di seluruh Tanah Air, "Yang dulu seluruh Indonesia setahun hanya 500 ribu sertifikat. Tapi tahun (2017) kemarin 590 ribu sertifikat hanya Jawa Barat. Tahun ini 1,2 juta sertifikat akan diberikan ke warga Jawa Barat," ujar Jokowi di Lapangan Sekarwangi Cibadak, Sabtu [7/4/2018].

BACA JUGA : Jokowi di Sukabumi Ancam Copot Menteri Sofyan Djalil

Agenda Kegiatan Jokowi Hari Ini di Sukabumi

Saat ditemui TatarSukabumi.ID usai penyerahan sertifikat oleh Presiden, Kepala Desa Cijalingan Didin Jamaludin mengungkapkan, "Sangat bermanfaat dan sangat berterima kasih kepada program PTSL khususnya kepada Presiden, Kementrian Agraria dan BPN Kabupaten Sukabumi serta tim PTSL 6 di Sukabumi, kami berterima kasih sekali karena solid dan tertibnya administrasi yang kami harapkan," ungkap Didin.

Secara simbolis Presiden memberikan 50 sertifikat bagi warga Cijalingan, "kalo untuk desa Cijalingan hari ini menerima 50 Sertipikat. Dari satu kadusunan dulu. Dari laporan BPN kita telah menyelesaikan secara yuridis 610 Sertipikat tapi secara simbolis baru 50 sertifikat yang hari ini diberikan kepada Masyarakat Cijalingan," ungkap Didin.

BACA JUGA :Jalur Ganda Kereta Api Sukabumi - Bogor, Buka Lapangan Kerja 1420 Orang

Dengan Double Track Kereta Sukabumi - Bogor Jadi 96 Kali Perhari

Untuk Desa Cijalingan saat ini baru 45% tanah yang telah bersertipikat, "Tahun ini di Cijalingan semuanya akan mendapat program PTSL diharapkan di tahun 2018 ini seluruh Masyarakat di Desa Cijalingan mendapatkan hak atas tanahnya yaitu mendapatkan Sertifikat," tutur Didin.

Kades optimis hingga akhir 2018 seluruh warga Desa Cijalingan bisa memiliki sertifikat tanah, namun diharapkan masyarakat bisa bersabar, "karena di PTSL ini ada tahapan tahapan yang harus dilaksanakan mulai dari sosisasi, pematokan, pengukuran pendataan yuridis, baru ada pengumuman BPN dan baru adanya penetapan Sertipikat," pungkasnya.(*)

Reporter : Rapik Utama / Editor : Dian Syahputra Pasi