Wilujeng Sumping di Tatar Sukabumi - Keluhan Warga Silahkan email : kasukabumian@gmail.com Pengaduan SMS Ketik : LAPOR(spasi)PESAN kirim ke 0857-222222-66 Informasi peliputan dapat menghubungi nomor tersebut

Kamis, 05 April 2018

Adat Labuh Saji, Jadi Sorotan Pengunjung Hari Nelayan Palabuhanratu


TatarSukabumi.ID - Festival Hari Syukuran Nelayan (HSN) Palabuhanratu Ke-58 tahun 2018 digelar di area parkir Pasar Semi Modern Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat, Kamis [5/4/2018].

Perayaan kali ini mengusung Tema "Hari Nelayan Sebagai Momentum Pelestarian Budaya dan Solidarisme Dalam Upaya Mendukung Penetapan Geopark Ciletuh oleh UNESCO Menuju Kabupaten Sukabumi Lebih Baik" yang disambut penuh antusias ribuan warga masyarakat setempat maupun pengunjung dari luar Palabuhanratu hingga luar kota yang memadati pusat acara hingga sepanjang area wisata Pantai Palabuhanrat.

BACA JUGA : Inilah 7 Foto Keindahan Ujung Genteng - Geopark Sukabumi, Yang Belum Kalian Lihat

Acara diawali dengan arak-arakan Puteri Nelayan terpilih Zihan Novita Ali, Siswi kelas 11 SMAN Cikakak yang diiringi Marching Band SMA Mutiara serta iring-iringan dari siswa-siswi SMU sederajat serta Masyarakat Nelayan Palabuhanratu.

Selanjutnya acara Pagelaran Budaya yang menjadi ciri khas yang dilakukan secara turun temurun yakni Upacara Adat Labuh Saji yang dilakukan sebagai penghormatan serta kecintaan para Nelayan kepada laut yang memberikan kehidupan bagi Masyarakat Nelayan.

BACA JUGA : Ikuti Geo Colour Fun Run di Geopark Ciletuh Buruan Daftar, Gratis

Sekira pukul 11.00 Wib, acara yang dinanti ribuan pengunjung dilaksanakan, acara pelarungan sesaji ke tengah laut menggunakan kapal nelayan utama dikawal oleh puluhan kapal lain menjadi daya tarik dalam acara ini.

Perhelatan acara ini di selenggarakan setiap tahunnya secara turuntemurun di daerah sepanjang Pantai Sukabumi yg panjangnya sekitar 117 KM garis pantai.(*)

Reporter : Rapik Utama / Editor : Dian Syahputra Pasi