Berita Terkini Sukabumi

Rabu, 14 Maret 2018

Pesan Mendagri Thahjo Kumolo di HUT Satpol PP Jabar di Palabuhanratu - Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja ke-68 dan Satlinmas ke-56 Tingkat Propinsi Jawa Barat di Gelar di Lapang Pos TNI AL Cipatuguran Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat, Rabu [14/3/2018].

Acara ini dihadiri Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan yang membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam menyambut HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-68 dan Satlinmas ke-56 Tingkat Propinsi Jawa Barat.

BACA JUGA : BUPATI SUKABUMI : Besok Lusa Saya Habisi Dinas yang Bermasalah

"Tahun 2018, adalah tahun politik. Di tahun ini, ada dua agenda besar nasional yang akan digelar yakni pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada) dan tahapan pemilihan legislatif serta pemilihan presiden tahun 2019 yang juga digelar bersamaan, sehingga peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menjadi penting di tahun politik dalam mengawal dua agenda nasional tersebut, " Ungkap Ahmad Heryawan.

Selanjutnya Mendagri meminta kepada Gubernur agar mengkoordinasikan Bupati, Wali Kota di daerah masing masing untuk mengambil langkah- langkah antisipasi, Kuncinya koordinasi dan komunikasi. Karena itu ia minta koordinasi, komunikasi dan sinergi dengan instansi terkait seperti KPUD, Bawaslu, TNI, Polri dan Kesbangpol lebih diintensifkan. Tentunya dengan mengutamakan kepentingan umum dan memperhatikan hirarki.

BACA JUGA : Tugas Atributif dan Delegatif Camat Harus Terus Ditingkatkan

Dikatakan pula,  Satpol PP dan Satlinmas harus lebih siaga karena Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas, akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada. Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas adalah untuk memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga. Karena itu Satpol PP dan Satlinmas harus lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaannya.

"Sesuai aturan Satpol PP dan Satlinmas mempunyai tugas pokok antara lain, membantu menjaga ketentraman penyelenggaraan pemilu dan Pilkada baik sebelum, atau pada saat pemungutan maupun setelah pelaksanaan pemilihan," Ungkap Gubernur.

BACA JUGA : BUPATI SUKABUMI : Memang Track Recordnya Bermasalah - Oknum Dukcapil Sukabumi Terseret Kasus Dugaan Pungli

Dalam acara tersebut Gubernur didampingi Bupati Sukabumi dan Kasat Pol PP Propinsi Jawa Barat menyerahkan Hadiah bagi pemenang Lomba PBB Satlinmas dan Santunan bagi ahli waris anggota Satlinmas yang meninggal dunia.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi, Ketua DPRD, Kapolres Sukabumi, Kasat Pol PP Propinsi Jawa barat, serta Kasat Pol PP Kab/Kota Se Jawa Barat.(*)

Sumber : Humas / Editor : Redaksi