Berita Terkini Sukabumi

Selasa, 20 Maret 2018

1600 Kegiatan Pekerjaan dalam RKPD 2019


TatarSukabumi.ID - Kegiatan musyawarah penyusunan pembangunan tahunan daerah yang selanjutnya disebut Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sukabumi dilaksanakan di Hotel Pangrango - Salabintana, Selasa [20/3/2018].

Acara kedinasan kali ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi, ketua DPRD dan seluruh jajaran forum komunikasi daerah Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : BUPATI SUKABUMI : Besok Lusa Saya Habisi Dinas yang Bermasalah

Dalam sambutannya ketua DPRD Kabupaten Sukabumi H.Agus Mulyadi S.E  mengungkapkan, "Guna mewujudkan  membangun Sumber Daya Manusia yang berdaya saing untuk Sukabumi lebih baik merupakan penjabaran tahun ke-IV dan
Perda nomor 04 tahun 2016 tentang RPJMD tahun periode 2016/2021 yang telah disepakati bersama antara DPRD bersama Bupati. Sehingga RKPD tahun 2019 sebagai cerminan perencanaan teknis dari RPJMD sekiranya dapat mengakomodir seluruh kegiatan
Pembangunan sebagai satu kesatuan potensi tantangan permasalahan yang berkaitan satu dengan lainnya, Sehingga pelaksanaan pembangunan TA 2019, benar dapat menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi masyarakat serta guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukabumi," ungkap Ketua DPRD.

Dalam rangka meningkatkan partisipasi pembangunan daerah masyarakat Kabupaten Sukabumi, DPRD memiliki tugas fungsi dan wewenang yang diatur dalam pasal 78, ayat 2 Permendagri nomor 86 tahun 2016.

BACA JUGA : Heboh Orang Gila Menebar Teror, Dandim 0607 Sukabumi Lakukan Hal Ini

DPRD berupaya memberikan saran pendapat berupa pokok pikiran DPRD yang terdiri dari 1600 lebih kegiatan, Diperoleh dari hasil penjaringan aspirasi masyarakat sebagai bahan perumusan untuk RKPD tahun 2019.

"Tentunya kami berharap selaras sinergi guna pencapaian sasaran pembangunan yang telah ditetapkan dalam peraturan daerah tentang RPJMD dan sinergis dengan visi daerah guna mewujudkan masyarakat kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri," jelas Agus Mulyadi.

BACA JUGA : Rapat Pleno Daftar Pemilihan Sementara Kabupaten Sukabumi di Pilkada Jabar 2018

Pada pelaksanaan penyusunan Musrenbang ini pihak DPRD mengingatkan kembali pihak pemerintah daerah agar lebih konsisten dalam penganggaran untuk RKPD tahun anggaran 2019, Agar sesuai dengan kapasitas real yang telah disepakati bersama DPRD dan Bupati Sukabumi dalam RPJMD.

Yaitu melalui pendanaan yang diklasifikasi berdasarkan  prioritas :
1 .Anggaran yang digunakan alokasi
belanja, pengeluaran wajib mengikat dan prioritas utama.
2.Anggaran yang digunakan prioritas membangun daerah dan urusan lainnya diluar agenda prioritas pembangunan.
3 . Proritas Alokasi belanja tidak langsung lainnya seperti bantuan sosial dan hibah.-

Reporter : Rapik Utama / Editor : Dian Syahputra Pasi