Minggu, 14 Januari 2018

5 Fakta Unik Tukang Cuanki, Ternyata Pake Oplosan Lho



TatarSukabumi.ID - Bagi sebagian Masyarakat Sukabumi pasti tidak asing dengan “cuanki” yaitu bakso yang memiliki ciri khas penjualnya dipikul dengan bentuk pikulan relatif kecil/mini.

Kenapa bakso ini dinamakan Cuanki ? masih banyak perdebatan dengan nama itu, namun pengakuan Kang Yusuf salahseorang tukang Cuanki mengungkapkan jika itu merupakan singkatan "Cari Uang dengan Berjalan Kaki " ungkapnya kepada TatarSukabumi.ID.

BACA JUGA : Inilah 7 Foto Masjid Gaya Wali Songo Yang Habiskan 8,5 Milyar Berada di Sukabumi
Semua pasti tau, apa saja menu yang ada di pedagang cuanki ? Ya benar, yang utama adalah bakso, kulit pangsit dan tahu, dan terkadang dipadukan dengan mie instan yang bisa diseduh disitu.

Cuanki sebenarnya mirip Bakwan Malang atau mungkin Bakwan Malang versi Sunda, bedanya cuman sedikit, jika Bakwan sedikit ada rasa manis sedang cuanki identik dengan rasa Cuka (asam).

BACA JUGA : 7 Fakta Unik Colt Bogoran, Nomor 6 Bikin Ngeselin

Kang Yusuf yang biasa dipanggil mang ucup menjelaskan "ciri khas tukang cuanki kan ceper pikulannya, kita pake kompor kecil, dulu pake minyak tanah sekarang karena minyak mahal, kita ngoplos sendiri untuk kompor ".

What ?? Ngoplos?? " Iya benar, saya terpaksa ngoplos bensin sama solar untuk kompor, biasanya saya beli solar 17 Ribu dan Bensin 3 Ribu, pokoknya itu patokannya, bisa buat jualan 4 hari " ujar mang Ucup menjelaskan.

BACA JUGA : Seni Sunda Kian Langka di Sukabumi

Mang Ucup mengaku sering di panggil pengawas SPBU dan menanyai buat apa beli solar, " saya bilang aja buat kompor jualan Cuanki, tapi kalo yang udah kenal penjaga SPBU sudah ga tanya lagi,karena mereka tau saya tukang Cuanki " jelasnya.

Berikut 5 Fakta menarik tentang tukang cuanki yang terkadang tidak kita perhatikan.

BACA JUGA : Sempat Ditunda, Paralayang Melangit Di Golden Triangle Geopark Ciletuh Sukabumi

1. Pikulan tempat jualannya berbentuk kecil/ mini.

2. Jika ngerebus mie instan pasti suka sama bungkusnya.

3. Kalo bulan Puasa, jangan aneh mereka jualan hingga menjelang saur.

4. Lebih terasa enak dan Nikmat kalo dimakan pake mangkok sipenjual. (Ga percaya? Coba aja)

5. Disamping pikulan (biasanya sebelah kanan) terdapat kotak yang dibuat dari jerigen putih yang di potong setengah (Kok bisa semua pake gituan)

Nah begitulah beberapa Hal yang mungkin akan menambah wawasan anda tentang tukang Cuanki serta beberapa Fakta yang mungkin anda pun merasakannya.

Penulis: Dian Syahpurta Pasi.