Berita Terkini Sukabumi

Selasa, 07 November 2017

Kades Sukamulya : Nilai Gotong Royong Di Masyarakat Makin Berkurang

TatarSukabumi.ID - Kegiatan Peningkatan Infrakstruktur pedesaan melalui program rehabilitasi bangunan kantor desa dengan alokasi bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2017  dilaksanakan di Desa Sukamulya Jalan perintis kemerdekaan, KM 8,5, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/11).

Kepala Desa Sukamulya Ade Rosidin saat ditemui disela aktivitasnya didepan staf desa mengungkapkan "Pelaksana rehab kantor desa adalah TPKD, saya berharap bersama kepala desa lainnya untuk tahun berikutnya, nominal Bankeu Provinsi bisa lebih meningkat, agar pembangunan yang tidak terlaksana dalam APBDes bisa dibantu dari dana tersebut," harap Ade.

Beberapa kendala dalam pelaksanaan pembangunan rehab ini adalah akses pembelian material yang cukup jauh, serta rasa swadaya masyarakat untuk bergotong royong sekarang semakin berkurang.

"Hal ini disebabkan sebagian masyarakat masih berpandangan bila ikut gotong royong pembangunan pedesaan itu ada upah gaji sesuai dengan upah normal bila bekerja," singkat Ade.

Ditambahkan oleh salah seorang anggota Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD), "Semoga dalam pembangunan rehab kantor desa ini bisa lebih bermanfaat demi kepentingan umum , khususnya dalam segi pemberdayaan warga yang bisa ikut bekerja sesuai bidang keahliannya dibidang bangunan" singkatnya.

Reporter : Rapik Utama