Berita Terkini Sukabumi

Rabu, 08 November 2017

Bumdes Malikussalam Cibadak Desak Percepatan Permohonan Bantuan Penyertaan Modal

TatarSukabumi.ID - Trend dana pembangunan pedesaan semakin meningkat, sebagai salahsatu program pemerintah dalam meningkatkan skala perekonomian warga masyarakat melalui program usaha milik desa (BUMDES).

Harapannya program Pemerintah ini bisa dijalankan semaksimal mungkin, berdaya guna, dan tepat guna dengan azas keterbukaan dan azas pemanfaatan untuk semua unsur pemerintah desa bersama warga masyarakat.

Dalam rapat Bumdes (Badan usaha milik desa) Malikussalam yang beralamat di Jalan Raya Cikidang No133 Desa Pamuruyan Kecamatan Cibadak, Dalam penjelasannya sekretaris Bumdes Rachmad Dhani mengungkapkan, Bumdes sebagai lembaga sosial harus berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya, dalam bentuk pemberdayaan ekonomi atau penyediaan pelayanan sosial masyarakat, Hal ini sesuai dengan ADRT tujuan pendirian Bumdes, papar Rachmad.

BACA JUGA : Kades Sukamulya : Nilai Gotong Royong Di Masyarakat Makin Berkurang

Rachmad Dhani menambahkan "kami akan kepihak kecamatan Cibadak untuk mengajukan rekomendasi permohonan penyertaan modal Bumdes dari anggaran Silpa dana Bumdes tahun 2016, " jelas Rachmad.

Sebelumnya Rachmad bersama seluruh jajaran telah melakukan rapat pembahasan penyesuaian peraturan baru hingga menyusun proposal kegiatan, Inilah hasil penyusunannya ;
1. Belanja pengelola BUMDES untuk 6 bulan anggaran : Rp 20.000. 000.-
2. Belanja modal unit usaha ekonomi : Rp 41. 200. 000,-
3. Belanja modal unit usaha pertanian : Rp 2. 050. 000,-
4. Belanja modal unit usaha peternakan : Rp 1.750.000,-
Total kebutuhan penyertaan modal senilai Rp. 65.000.000,-(enam puluh lima juta rupiah).

Sementara itu Hadi anggota BPD pamuruyan mengharapkan setelah rapat internal dengan pengurus Bumdes, segala sesuatu pemberdayaan ekonomi yang telah diagendakan bisa berjalan dengan berkah bermanfaat bagi pengurus serta warga masyarakat. (")

Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi