Berita Terkini Sukabumi

Selasa, 24 Oktober 2017

Warga Demo Pilkades : Kami Tidak Mau Dipimpin Pemimpin Haram Karena Kecurangan

TatarSukabumi.ID - Puluhan warga Desa Cijalingan Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat datangi Kantor Camat, Selasa (24/10).

Mereka datang untuk menuntut keadilan yang menganggap adanya kecurangan dalam pilkades di Desa Cijalingan yang digelar 22 Oktober lalu.

Hera Iskandar selaku koordinator aksi kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan "saya menuntut keadilan atas kecurangan Panitia Pilkades " ungkapnya.

BACA JUGA : Gara Gara Pilkades, Sempat Terjadi Gesekan , Warga Cijalingan Geruduk Kantor Camat

Hera pun menjelaskan, Kecurigaan ini berdasarkan adanya jumlah kertas suara yang bertambah, "Saat diklosing pukul 14:00 ada 3414 jumlah suara, ketika dihitung 3595 suara, jadi ada lebih 179 suara" jelasnya.

Serta adanya pelanggaran yang dilakukan Panitia tentang Tata Tertib dalam Pilkades ini, "Bahwa surat suara banyak yang rijek, hal itu diindikasikan peraturan tatib pasal 6 dilanggar, harusnya dari kotak suara langsung dibacakan, bukan ditumpuk, bisa saja terjadi kecurangan".

"Dari mana jelebihan suara sejumlah 179, dan ide siapa hingga bisa terjadi, Kami meminta dibuka lagi suara yang rijek" tambahnya.

Warga mengancam agar perkara ini segera diselesaikan "Kami akan menuntut secara pengerahan massa maupun menuntut secara hukum, bahkan akan melakukan oposisi terhadap pemerintahan dan tidak akan mengakui dia sebagai Kepala Desa, Kami tidak mau dipimpin oleh pemimpin haram karena kecurangan" tandasnya.

Sementara itu Hari Riyadi.MM Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa dalam jumpa persnya mengungkapkan "Kami sepakat baik panitia tingkat desa maupun Muspika Kecamatan akan melaksanakan pertemuan berikutnya pada Kamis depan, seluruh calon , 3 saksi, serta perwakilan tiap calon dan seluruh panitia tingkat desa akan kita kumpulkan" jelas Hari.

"Apabila memang terbukti ada kecurangan maka akan ditindak lanjuti oleh pihak Kepolisian" tambahnya.

Secara keseluruhan pelaksanaan pilkades di 71 Desa relatif kondusif aman, adapun kejadian di desa Cijalingan merupakan hal wajar apabila ada warga yang mengkritisi dan menyalurkan aspirasinya, papar Hari Riyadi. (*)

Reporter : Dasep Maulana
Editor : Dian Syahputra Pasi