Berita Terkini Sukabumi

Selasa, 31 Oktober 2017

Miris , 4350 Pelajar Terjangkit HIV Aids, Dan 21 Ribu Di Jawa Barat Pengidap HIV Aids Akibat Sex Sesama Jenis

TatarSukabumi.ID - Mencengangkan, hingga tahun 2017, setidaknya 29 ribu warga Jawa Barat menderita HIV dan 7 ribu telah positif mengidap Aids.

Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi ke -4 terbesar dalam kasus HIV/Aids di Indonesia setelah Provinsi DKI - Jakarta, Jawa Timur, dan Papua.

Hal ini dijelaskan Kepala Sekertariat KPA Provinsi Jawa Barat, Iman Tedjarachmanana kepada TatarSukabumi.ID usai acara Deklarasi Pelajar di Sukabumi, dengan tema Semangat untuk Indonesia kondusif, Resolusi Pemuda Milenial Jawa Barat, untuk sikap Anti Radikalisme Kekerasan, Narkoba dan HIV (Alternatif).

BACA JUGA : Deklarasi Pelajar Anti Narkoba se-Kabupaten Sukabumi , Cetak Rekor Muri

Komposisi pengidap HIV dengan umur 24 tahun di Jawa Barat mencapai 20 % atau sekitar 6 ribu penderita, Untuk pelajar sendiri dari data yang diterima setidaknya 4350 siswa yang telah mengidap penyakit ini.

Lebih mencengangkan, 75% pengidap HIV/Aids di Jawa Barat diakibatkan oleh hubungan sex bebas yang dilakukan oleh sesama jenis.

Kepala Sekertariat KPA Provinsi Jawa Barat, Iman Tedjarachmanana menjelaskan, " Jangan lakukan hubungan sex bebas, baik sama laki laki maupun perempuan, Kita harus ngomong gitu sekarang, soalnya nyangkanya hubungan sex beresiko hanya sama perempuan, padahal faktor terbesar diakibatkan hubungan sex sesama jenis," jelas Iman.

Sementara itu, terapi Antiretroviral (ART) pengobatan (melambatkan pertumbuhan virus)  untuk penderita HIV, sejauh ini KPA Jawa Barat memiliki ketersediaan obat yang cukup " Untuk ART sudah tercover, masalahnya kesiapan teman teman penderita ODA untuk mengakses layanan secara continous, kebanyakan putus ditengah jalan." pungkasnya.(*)

Reporter : Dian Syahputra Pasi