Wilujeng Sumping di Tatar Sukabumi - Keluhan Warga Silahkan email : kasukabumian@gmail.com Pengaduan SMS Ketik : LAPOR(spasi)PESAN kirim ke 0857-222222-66 Informasi peliputan dapat menghubungi nomor tersebut

Kamis, 26 Oktober 2017

Konflik Seputar Pilkades Desa Cijalingan , Seluruh Pihak Dikumpulkan Di Kecamatan Cicantayan

TatarSukabumi.ID - Kemelut Pilkades Desa Cijalingan Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi yang cukup memanas beberapa waktu lalu, hari ini Kamis (26/10) semua pihak dikumpulkan di Kantor Kecamatan Cicantayan.

5 Calon Kepala Desa serta kuasa hukumnya, beserta Panitia Pemilihan tingkat Desa, saksi saksi serta seluruh Muspika Kecamatan Cicantayan duduk bersama membahas kemelut yang terjadi.

Hera Iskandar perwakilan dari salahsatu Calon Kepala Desa menagih janji dari musyawarah hari Selasa (24/10) yang lalu

Kepolisian Polres Sukabumi menurunkan sekitar ± 100 Personilnya, 20 Personil Sat Pol PP, dan 10 Personil TNI ikut diturunkan, upaya ini dilakukan agar Musyawarah berjalan aman, tertib, lancar dan terkendali.

Suasana musyawarah sempat memanas, karena adanya miss komunikasi apa yang disepakati dari pertemuan awal dengan hari ini, karena penuntut meminta dibuka kembali surat suara yang diduga adanya indikasi kecurangan.

Hingga pukul 12: 00 Sesi musyawarah masih belum menemukan titik temu, sehingga dilakukan jeda untuk rehat, sementara itu kondisi diluar Kantor Kecamatan cukup Kondusif aman dan tertib.

Musyawarah kembali dilanjutkan pada Puku 13: 00 dan ternyata pihak kecamatan tetap memberikan Keputusan menolak akan permintaan tuntutan dari pihak Hera Iskandar.

Alasannya (sesuai dengan Surat Pernyataan) yang dibuat, berdasarkan pasal 57 Peraturan Bupati Sukabumi No 51 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Dan Pemberhentian Kepala Desa di Kabupaten Sukabumi menyatakan "keberatan terhadap proses Pemilihan Kepala Desa harus diselesaikan pada setiap tahapan sebelum tahapan selanjutnya dilaksanakan".

Dan pada saat ini hasil pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Cijalingan dari Panitia pemilihan tingkat desa dan keputusan BPD Cijalingan NO : 07/BPD/2017 tentang penetapan Calon Kepala Desa Cijalingan sudah disampaikan kepada Bupati Sukabumi melalui Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi tertanggal 24 Oktober 2017.

Muhidin salah seorang Calon Kades yang protes akan kejadian ini, kepada TatarSukabumi.ID mengemukakan "Bahwa penolakan ini seperti tidak berproses, padahal kami datang kesini 2 hari lalu, Kecewa itu manusiawi, akan tetapi kita nggak bisa mendobrak kekuasaan, rencana kami tidak akan berhenti disini, ini akan menuju proses ke pengadilan." ungkapnya.

Reporter : Dasep Maulana