Berita Terkini Sukabumi

Minggu, 29 Oktober 2017

Akibat Kurang Mampu , Warga Palabuanratu Terpaksa Dikandangi Seperti Kambing

TatarSukabumi.ID - Satu lagi, Potret kemiskinan di Kabupaten Sukabumi, potret kelam warga Kampung Babakan Tonjong RT 07 / RW 09 Desa Tonjong Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.

Hanya berjarak beberapa KM dari pusat Pemerintahan dan Ibukota Kabupaten Sukabumi, akibat keterbelakanagan mental dan ketidakmampuan orang tua
untuk biaya pengobatan.

Dirman laki laki paruh baya, usia 40 tahun, harus rela tinggal didalam kandang, layaknya kandang Kambing dengan ukuran 1x1,5 meter dengan tinggi
1 meter beralaskan tanah dan beratapkan terpal, bisa dibayangkan bagaimana nasib Darman bila hujan datang, Dirman harus rela kehujanan dan tidur ditanah becek.

BACA JUGA : Marwan Hamami : Jangan Mewarisi Abu Sumpah Pemuda, Tapi Warisilah Api Sumpah Pemuda

Berawal 12 tahun lalu, gejala keterbelakangan mental dialami Dirman, keluaraga sudah berupaya membawa dirman berobat ke rumah sakit hingga ke Paranormal (kiai) namun upaya ini belum membuahkan hasil, karena keterbatasan biaya akhirnya Dirman dibiarkan seadanya.

Sejak tahun 2013 Dirman harus menetap menghuni sebuah bangunan layaknya kandang kambing tersebut, dan selama 4 tahun, Dirman harus rela mendiami kandang tersebut layaknya seperti terpasung.

Langkah akhir mengandangi Dirman sangat terpaksa dilakukan, tatkala kambuh Dirman kerap merusak segala sesuatu yang ada di rumah bahkan berlaku galak terhadap tetangga, ungkap sang ayah Sahuni (65 tahun).

"Bukan gak tega mengurung anak seperti itu, mau gimana lagi
mau berobat tidak punya biaya , saya hanya petani kecil dan kuli buruh, untuk makan sehari pun sudah kerepotan" ratap Sahuni ayah kandung Dirman.(*)

Kontributor : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi